Hii.. kenalin aku BAWOR (panggil aja gwa kaya gitu), disini aku mo berbagi pengalaman ma kalian2 semua di blog baru aku, nih salah satu pengalaman pertama aku

Kmaren kmaren ada kasus di keluarga besar aku, ya sebenernya kasus biasa si, masalah penipuan, kenapa jadi besar karena baru pernah terjadi di keluarga ini hehehe..

Critanya gini nih, tante aku kan ada niatan mo jual mobil, nah doi ngiklanin di surat kabar terbitan ibu desa (heheh maklum kaga dikota si tinggalnya) nah ternyata setelah beberapa hari ada telepon dari seseorang yang katanya berminat dengan mobil tersebut. wah yang namanya ada pembeli seneng dong si tante, langsung deh dia bela2in beli pulsa di tempat aku (heheh bandar pulsa nih critanya) katanya buat keep contact ma tu buyer.

Aku selaku keponakan si seneng2 aja denger tu mobil dah ada yang mo beli, apalagi katanya ga pake nawar2 segala lagi, dalem ati aku mikir jg "wuih ni pasti orang tajir neh.."

Nah akhirnya kontak2an terjadi lah pokoknya ampe beberapa hari deh, nah di akhir hari ke 3 kalo ga salah, tu orang bilang katanya dana dah siap dan siap untuk di transfer, nah disini mulai ada kejanggalan, katanya tante aku disuruh ke ATM n nunggu disana buat siap2 nrima duit "LHO..!" heheh aneh bgt kan ngapain jg ditungguin emang ATM mo maling duit nasabah (benda mati masa punya napsu si hehe.. buat apaan tu duit ma si ATM) nah karena si tante ga pernah maen ATM2an dia minta tolong ma tetangga sebelah rumah, buat ngecek`in sekalian pinjem rekeningnya.

Trus terjadilah transaksi, si tante ma tetangganya tu ngejogrok di sebelah ATM nungguin di telp ma si buyer, katanya mo diberi petunjuk buat nrima duit via ATM tsb, setelah muter2 dikasi petunjuk akhirnya ... GAGAL heheh ternyata tetangga si tante jg awam masalah ATM, dia bilang cm nrima n ngambil duit doank di ATM jadi gagal deh pembayarannya.

Akhirnya si tante minta tolonglah ma daku (ampe diculik pas lagi maen game onlen di warnet) ya udah deh dengan harapan dapet persenan (^^) aku jabanin deh nolongin tante karena kebeneran aku tu jg punya ATM biarpun cm ada duit ceban noban hihihi.

Nah trus si buyer telp lagi, aku yg nrima, trus dia mandu aku buat ngeset ATM (katanya..) tapi lama kelamaan koq ini ada upaya mengalihkan duit yg di ATM aku ke nomernya dia (gini2 gwa jg paham gmn transfer duit) katanya suruh masukin nomer inilah nomer itulah ke inet banking, wogh.. wogh.. usut punya usut dia mo masukin no HP dia ke ibanking aku SETAN BENER TU ORANG..

Aku yg tau langkah2 ini langsung aja mencaci maki tu orang hihihi herannya dia masih bilang
"Ttu bukan nomer HP koq mas, saya ini nasabah premium mas, jadi punya nomer akses tersendiri buat ngirim uang"

Huh !! Nasabah Premium dari HONGKONG !! emang dipikir aku tu orang ndeso yg baru punya ATM kale, eh bahkan dia masi sempet sebelum kasi instruksi sempet nanya

"Ada berapa duit direkening mas"

Hihihi dasar gendeng, aku yg dari awal dah tau asal nyeletuk aja..

"Masih ada sekitar 15jt mas kmaren baru maen lotre menang"

Hahah dari kata2 itu kali yg bikin tu penipu tetep berupaya ngebujuk gwa biarpun dah di caci maki hehehe

Tapi ya sukur deh akhirnya tante aku selamet dari penipuan tsb, yg ada dia lemes gara2 sadar dia mo di tipu..

Yang kasian tu tetangganya, keknya instruksi tu penipu di jalanin ampe selese, buktinya besoknya di cek duit dia dah ambles, tapi sekali lagi untung, diATM dia cm ada duit Rp.50.000 padahal biasanya tu rekening buat kirim duit anaknya dari hongkong, yg kl ngirim bisa ampe 20juta hufff.. sukur2 deh

THE END ampe disini..

Nah sekarang kita coba tela`ah yak tentang apa sih TIPU MENTIPU ituw ?? Biarpun bukan anak hukum tapi kebeneran bgt aku terkenal jadi punya tmen dimana2 (NARZIZ!!) nah kmaren aku maen2 di tempat tmen yang punya obsesi jadi pengacara (bisa diliat dari bukunya yg tentang HUKUM ampe nutupin kasur hehe) yg punya buku2 masalah penipuan, nah ini salah satu kutipan dari bukunya pak ANWAR sapa gituu deh terbitan taun 1989 kl ga salah (wah aku jaman segitu masi lagi puncak keIMUTan tuh hihihi)

Membujuk atau menggerakan orang agar menyerahkan sebenamya lebih tepat dipergunakan istilah menggerakan dari pada istilah membujuk dalam pengertian hukum perdata. Dalam perbuatan menggerakan orang untuk menyerahkan harus disuarakan adanya hubungan kausal antara alat penggerak dengan penyerahan barang.

Penyerahan barang yang terjadi sebagai akibat penggunaan alat penggerak atau pembujuk itu belum cukup terbukti tanpa mengemukakan pengaruh-pengaruh yang ditimbulkan karena dipergunakan alat-alat penggerak atau pembujuk itu. Alat-alat itu pertama-pertama harus menimbulkan dorongan di dalam jiwa seseorang untuk menyerahkan sesuatu barang. Psyche (dalam bahasa kedokterannya kl ga salah artinya jiwa) dari korban karena penggunaan alat penggerak atau pembujuk penggerak sedemikian rupa hingga orang itu melakukan/menyerahkan barang itu. Tanpa penggunaan alat atau cara itu korban tidak akan tergerak psychenya dan penyerahan sesuatu tidak akan terjadi. Penggunaan cara-cara atau alat-alat penggerak itu menciptakan situasi yang tepat untuk menyesatkan seseorang yang normal hingga orang itu terperdaya karenanya.


Hehehe gara2 pengen nulis di blog aku bela2in catet tuh, nah kl dilihat dari kutipan diatas tu mungkin bisa dikatakan gini yah (menurut kacamata webdesigner amatiran, sori aje kalo sale2 kate hehe)

"Penyerahan barang yang terjadi sebagai akibat penggunaan alat penggerak atau pembujuk itu belum cukup terbukti tanpa mengemukakan pengaruh-pengaruh yang ditimbulkan karena dipergunakan alat-alat penggerak atau pembujuk itu."
Mungkin maksudnya bahwa penipuan tu belum bisa dituntut tanpa ada bukti bahwa dia tu menipu/kata2 dia/perbuatan dia adalah yang mengakibatkan si korban tergerak "Psychenya" ato jiwanya untuk menyerahkan barangnya kepada si penipu A.K.A ditipu.

Nah intinya misal dari kasus tante aku tu, si penipu tu ga bisa ditangkep kalo tidak bisa membuktikan bahwa karena kata2nya dialah tante aku bisa ketipu..

nah yg jadi pertanyaan gmn bisa kita buktiin bahwa dia tu MENIPU tante aku, apa mesti di rekam pembicaraanya ?? (lah pan awalnya kita ndak tau mo ditipu)

Duh pusing deh, yg anak hukum bantu donk..!!
Posted on Tuesday, October 10, 2006 1:35 PM | [ 0 ] Comments